Selasa, 24 Februari 2015

Cara kerja Mesin 2 tak

Cara kerja Mesin 2 langkah ( 2 tak)

  • Langkah pemasukan dan kompresi kedua

Sewaktu piston bergerak ke atas di dalam crankcas terjadi kevakuman dan sewaktu piston  mulai membuka lubang pemasukan. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator terhisap masuk kedalam crenkcas. Disisi lain lubang trasfer dan exhaust prot tertutup oleh piston, lalu campuran bahan bakar dan udara mengalami kompresi di dalam ruang bakar 
(gerak piston blum mencapai TDC).

  • Usaha ( Langkah usaha ) dan kompresi pertama

Ketika piston mencapi titik mati atas campuran gas segar yang di kompresikan dinyalahkan oleh busi. Gas yang terbakar mmmendorong piston memutar poros engkol melalui conneting rod sewaktu piston brgerak kebawah, piston menutup lubang dan sewaktu piston bergeak kebawah trus, piston mengkopresikan campuran di dalam crankches.

  • Langkah pembuangan dan Kompresi pertama

Sewaktu piston bergerak kebawah trus, piston  membuka lubang buang untuk mengalirkan sisa gas keluar dari cylinder. Disisi lain campuran di dalam crankcase dikompresikan (setengah gerakan piston kebawah)

  • Langkah pembuangan dan langkah pembilasan

Ketika piston membuka lubang trasfer segera langkah pembuangan segera di mulai, campuran yang di kompresikan di dalam crankcase mengalir melalui lubang trasfer didinding cylinder dan mengalir kedalam ruang pembakaran. Campuran gas segar ini mendorong gas sisa pembakaran keluar dari cylinder dan pada waktu yang bersamaan ruang pembakaran diisi dengan campuran gas segar ( dalam setengah gerakan )

sistem 2tak
Cara kerja Mesin 2 tak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar